Friday, March 25, 2011

Mungkinkah Roh Orang Bermasalah Bisa Sukses?

Kali ini Si Anag Desa mau berbicara masalah sebuah kesuksesan, Si Anag Desa juga mau mengkaitkan dan mengilustrasikan dengan sebuah buku yang berjudul Sukses Tanpa Gelar, buku ini ditulis oleh Andrea Harefa, Gimana ya pemaparan Si Anag Desa kali ini?Yuk kita simak pembahasannya...

Sukses sering diartikan sebagai hal yang mudah digapai bagi orang-orang yang sudah besar namanya. Maksudnya orang-orang yang memiliki gelar, memiliki kedudukan yang penting dan tinggi. Bahkan bukan hal yang tidak lazim lagi bahwa kesuksesan dianggap mustahil digapai bagi orang-orang yang memiliki permasalahan dalam hidup mereka, misalnya permasalahan perekonomian, pendidikan, fisik, dan sebagainya. Hal ini sudah menjadi anggapan dari semua orang yang ada di belahan bumi bahkan orang yang bermasalah itu sendiri beranggapan dirinya tidak bisa sukses. Ini yang membuat orang-orang terperangkap dan terpenjara dalan ketidaksuksesan. Padahal permasalahan yang ada dalam hidup mereka bisa diubah menjadi sebuah kelebihan sehingga membuat diri mereka sukses. Fakta yang terjadi dalam kehidupan orang-orang sukses telah menunjukkan kepada kita bahwa kualitas hidup tidak ditentukan oleh apa yang terjadi sekarang, tetapi apa yang terjadi setelah kita melakukan sebuah tindakan atau perubahan.

Ilustrasi di atas terkaiat dengan permasalah mengapa orang tidak bisa sukses, dan kapan orang dikatakan sukses. Berbicara tentang hal tersebut buku Sukses Tanpa Gelar karya Andreas Harefa mengupas makna sukses dan keterkaitan dengan kepuasan batin, kebahagiaan, kedamaina hati, kemodernana, dan bahkan kesehatan jiwa. Menurut Andreas Harefa sukses masih bisa diraih sekalipun orang tidak bergelar apa-apa. Sukses tetap mungkin dapat dicapai walaupun orang tidak mempunyai koneksi, belum bisa berbahasa Inggris, tidak pandai menggunakan komputer atau pun berasal dari latar belakang kehidupan ekonomi yang rendah. Sebenarnya faktor utama yang lebih diperlukaan adalah kemampuan belajar, kesediaan bekerja keras, kebenaran untuk bersikap jujur, optimis dan antuasias, ketekunan dan kesabaran, kemampuan mensyukuri rahmat, serta nilai-nilai dan sifat-sifat positif lainnya yang merupakan bagian dari roh keberhasilan. Roh keberhasilan ini ada dalam diri setiap manusia dalam keadaan potensial. Agar menjadi aktual, roh keberhasilan ini perlu digugah, dibangunkan dari tidur nyenyaknya, lewat proses penyadaran, yang diikuti oleh proses pembelajaran, dan proses pembentukan kebiasaan yang positif secara berkesinambungan. Andreas mengajak kita untuk menjadi orang sukses dengan cara mengembangkan perbuatan-perbuatan positif.

Dalam buku Best Seller yang terbit pertama kali tahun 1998 ini, pembaca akan menemukan lima belas kisah tokoh-tokoh yang sangat inspirasional. Mereka telah melewati proses yang luar biasa sulit, namun berhasil membangkitkan roh keberhasilan di dalam dirinya. Menembus badai-badai penderitaan, mereka berproses dan menemukan jatidirinya sebagai ciptaan Tuhan yang luar biasa. Proses yang luar biasa itu dapat dilalui sehingga mereka semua dipilih karena bisa berhasil meraih sukses tanpa gelar akademis, kecuali Lincoln. Ada yang tidak tamat sekolah dasar, ada yang hanya lulus sekolah menengah pertama, ada yang drop out saat sekolah menengah atas, dan ada yang drop out dari universitas. Lewat pmaparan yang singkat namun mengena, kisah tokoh-tokoh tersebut bisa memberikan gairah dan optimisme bagi siapa saja yang ingin meraih sukses (dengan atau) tanpa gelar.
Hal yang membuat saya tertarik dalam isi buku Andreas Harefa ini, bahwa buku ini berkesan menarik. Lebih-lebih diuraikan dengan kata-kata yang sederhana dan mudah dimengerti sehingga memudahkan pembaca untuk lebih cepat memahami hal yang tertuang dalam buku ini. Pembahasan masalah yang berkaitan dengan kesuksesan selalu dikaitkan dengan makna-makna peritiwa hidup yang sederhana. Ulasan-ulasan dilengkapi dengan pendapat sebagai kesimpulan para ahli sehingga kita bisa juga mendapat ilmu-ilmu baru, seperti kutipan berikut ini:

"Kesuksesan dalam diri manusia diawali dari kepribadian sukses seperti Yang diungkapkan oleh Mexwell Malz, yang dikenal dengan uraiannyaMengenai Psycho-Cybernetics, mengemukakan tujuan ciri kepribadian sukses yang patut untuk di pebincangkan, yang pertama orang sukses adalah orang yang bisa memimpin dirinya sendiri, yang kedua orangsukses berkemapuan untuk memahami diri mereka, memahami orang lain, dan memahami pekerjaan mereka, yang ketiga keberanian bertindak merupakan hal yang melekat dalam diri orang berkepribadian sukses, yang keempat Sifat kikir dan egosentris tidak membuat seorang meraih sukses, yang kelima suka mengemis, meminta belas kasihan, dan mntalitas budak bertentangan dengan tabiat orang sukses disegala zaman.dan orang sukses memuliki harga diri yang sehat, yang keenam orang yang sukses menerima kelemah-kelemahan mereka sekaligus mengetahui bahwa dalam diri mereka terdapat kekuatan-kekuatan yang unik dan berbeda dengan orang lain, yang keenam kepercayaan diri akan berhubungan erat dalam kesuksesan” (Harefa, 2005: 11).

Sesuai pernyataan tersebut bahwa dalam realita kehidupan ini ada kalanya si kaya si miskin, si normal, si cacat, si sedih si senang, tetapi Tuhan juga memberikan kelebihan dari setiap masing-masing orang itu tidak ada orang yang hanya memiliki kekurangan saja dan sebaliknya tidak ada manusia yang hanya memiliki kelebihan saja. Kehidupan orang-orang sukses telah menunjukkan kepada kita bahwa kualitas hidup kita tidak ditentukan oleh apa yang terjadi dan menimpa diri kita, tetapi untuk mencapai kesuksesan itu hanya saja tergantung bagaimana kita itu bisa memaknai hal yang terjadi kepada kita dan bagaimana tindakan yang kita petik sesuai dengan makna hasil interprestasi (tafsiran) tersebut. Hal yang paling penting adalah lupakan permasalah hari ini dan ubahlah menjadi sebuah kelebihan atau hal yang positif karena dengan hal itu semua kita bisa mengubah diri kita menjadi pribadi yang sukses dan sukses.
Daftar Rujukan
Harefa, Andreas. 2005. Sukses Tanpa Gelar. Jakarta: PT Granedia Pustaka Utama.
~Hohoho Photobucket capek banget nulis pembahasan ini. Gimana pendapat teman-teman pembaca blog anag desa?Kalau kalian semua ingin sukses saya menyarankan jangan pernah menyerah untuk mengapai sebuah kesuksesan dan mungkin untuk menginspirasi, Anda bisabaca buku ini?
Sekian Post Si Anag DesaPhotobucket

0 komentar:

Post a Comment