Friday, October 26, 2012

Sejarah Bahasa C

cmd virtual C++ 2008 (by Gramandha Wega)

Bahasa C adalah bahasa BCPL yang dikembangkan oleh Martin Richar pada tahun 1967. Pada tahun 1970 Ken Thompson, bahsa ini memberikan ide kepadanya yang kemudian dikembangkan bahasanya disebut dengan B. Dan selanjutnya Dennis Ritchie sekitar tahun 1970-qn di Bell Telephone Laboratories Inc(perusahaan ini menjadi AT&T Bell Laboratories) mengembangkan dari bahasa B menjadi bahasa C. Bahasa C pertama kali digunakan pada komputer Digital Equipment corporation PDP-11 yang menggunakan sisterm operasi UNIX.

Standar bahasa C yang asli adalah standar dari UNIC. Sisterm operasi, kompiler C dan seluruh program aplikasi UNIC yang esensial ditulis dalam bahasa C. Kepopuleran bahasa C membuat versi-versi dari bahasa ini banyak dibuat untuk komputer mikro. ANSI (Amerika National Standards Institude) membentuk suatu komite (ANSI commitee X3J11) pada tahun 1983 yang kemudian menetapkan ANSI untuk bahasa C. Standar ANSI ini didasarkan kepada stadart UNIX yang diperluas.

Bahasa C disebut bahsa pemrograman tingkat menengah ( middle level programming language). Artinya tingkat (level) disini adalaha kemempuan mengakses fungsi-fungsi dan perintah dasar bahsa mesin/hardware (mechine basic intriction set). Semakin tinggi tingkat bahsa pemrograman(misalnya: java, semakin mudalah bahasa pemrograman dipahami manusia, namun semakin berkurang kempuan untuk mengakses langsung intirsu dasar bahsa mesin. (misalnya: assembler), yang semakin sulit dipahami manusia dan hanya berisi perintah untuk mengakses bahasa mesin. Bisa diartikan bahwa mudahnya dipahami manusia, bahasa C bisa digolongkan dalam bahasa tingkat tinggi, namun bahsa C menyediakan kemampuan yang ada pada bahasa tingkat rendah, misalnya operasi bit, operasi byte, pengaksesan memori, dsb.

Kelebihan dan kekurang bahasa C

                Kelebihan dari bahasa  C  yaitu
1.       Bahasa C tersedia disemua jenis computer
2.       Kode atau rumus bahasa C memiliki sifat portable dan fleksibel untuk semua jenis komputer.
3.       Bahasa C hanya menyediakan sediki kata-kata kunci, hanya terdapat 32 kata kunci
Proses executable program bahasa C lebih cepat
4.       Bahasa C proses exectable lebih cepat
5.       Dukungan pustaka dan buku-buku yang bisa dipelajari banyak beredar dipasaran.
6.       Bahasa C adalah bahsa yang terstruktur dan memiliki tahapan.
7.       Dan seperti yang kita bahas sebelumnya bahsa C termasuk bahsa tingkat menengah (middle level programming language)
8.       Bahasa C adalah bahasa pemrograman yang bersifat moduler, Program C ditulis dalam routine yang biasa dipanggil dengan fungsi. Fungsi-fungsi yang telah kita buat, bisa kita gunakan kembali (reuse) dalam program ataupun aplikasi lain.
Read more at 

Kekurangan dari bahasa C yaitu
1.       Banyaknya operator serta fleksibilitas penulisan program kadang-kadang membingungkan pemakai.
2.       Bagi pemula pada umumnya kan kesulitan menggunakan pointer.

Hingga saat ini penggunaan bahasa C telah merata diseluruh dunia. Hampir semua perguruan tinggi didunia menjadikan bahasa C sebagai salah satu mata kuliah wajib. Selain itu, banyak bahasa pemrogram populer seperti PHP dan Jaca menggunakan sintaks dari bahasa mirip C, oleh sebab itu di era teknologi ini kita perlu memperlajari bahasa C


Daftar pusaka :
Pemrograman Bahasa C dengan Turbo C|Achmad Solichin
Praktikum Bahsa C(praktikum 3), EEPIS (politeknik Elektronika Negeri Surabaya)

0 komentar:

Post a Comment